close
no thumb
Malam ini sunyi, aku sendiri tanpa ada yang menemani, anginpun tak kunjung lewat, aku hanya bisa merenung tanpa tau kemana arah pikiranku. Aku masih bingung dengan jalan pikiranku, dalam hatiku menangis, tanpa seorangpun yang tau.

\”Aku pengen pergi, pergi dan takan kembali..”

Tapi disisi lain,..

\”Tapi aku harus mikir lagi, aku disini untuk nimba ilmu, buat masa depanku nanti, buat bkin Ayah, Ibuku senyum especially liat aku sukses nanti…”

Aku pegen semua itu terwujud. Tapi jiwa ini sakit!!!, hatiku nangis!!!, aku ngga\’ mungkin nyiksa diri kaya\’ gini terus, tapi aku lebih ngga\’ mungkin lagi harus liat Ayah ama Ibuku tersayat hatinya hanya karena aku. Aku harus mikir sejuta kali buat ini semua, aku sayang Ayah, akupun sayang Ibu, aku ngga\’ mau sama sekali nyakitin mereka yang udah ndidik aku sampe, udah ngrawat aku, udah ngasih semuanya buat aku. Disamping itu aku juga ngga\’ mungkin banget ngutarain penderitaan aku ke Mereka, karena…. Ya kalian juga udah pada tau, naluri seorang Ibu kepada anaknya, pasti ngga\’ rela ninggalin Putrinya. Apalagi aku, Ananda tersayang yang sweet, kece, baik, suka nabung, suka bantu ortu lagi, pasti Ayah ama Ibuku ngerasa kehilangan sosok aku banget.

Sekali aku bilang ngga\’ betah, apalagi sampe bilang pengen pindah, pasti kata-kata itu jadi pikiran , dan itu bakal berabe kalo sampe aku laporan kaya gitu. Sebenarnya sih aku cape\’ ama itu semua, aku pengen ada yang bisa mensupport aku apapun, dimanapun dan bagaimanapun keadaanku biar aku lebih betah hidup di Penjara Suci ini, temen-temen aku juga udah pada tega ninggalin aku disini. Sekarang aku kaya\’ bener-bener ngerasain kehilangan seperuh jiwaku, kaya\’ lagunya Anang ama Syahrini ya?? Tapi itu emang bener keadaan yang aku rasain sekarang.

Aku masih bingung dengan jalan pikiranku, aku pengen pulang. Tapi apa yang mau aku lakuin di rumah??? Semua disini, kitabku, bajuku, temanku. MAU APA AKU DI RUMAH????

Teringat saat detik-detik kepergianku kembali ke penjara suci ini setelah tiga tahun menimba ilmu, entah kenapa air mataku yang konon kata teman-temanku sangat mahal untuk dikeluarkan akhirnya keluar juga ketika aku diantar oleh Ayah, Ibu beserta adikku. Aku menangis, entah kenapa air mataku tak terkendali. Tak biasa aku seperti ini saat menjelang kepergianku ke Penjara suci. Aku masih ingat, ibuku bertanya \”Lho, kenapa kamu nangis???”, dan aku, aku hanya diam tanpa menjawab sepatah katapun karena aku ngga\’ bisa nahan itu semua. Aku sedih, jika ingat semuanya, ingat teman-temanku yang bebas tanpa aturan, babas segalanya. Eitsss…. Tapi ngga\’ gitu juga sih yang aku pengenin. Maksud aku, aku juga ngga\’ mau hidup dalam lingkup ini aja, aku juga pengen refreshing. Eeeaah,.. inilah aku, aku bukan gadis yang uaaliiiimm buanged, aku juga butuh kebebasan layaknya remaja lain.

Aku udah tinggal di penjara suci ini selama tiga tahun, dan tiga tahun tuh ngga\’ bentar, udah banyak perubahan yang aku alami disini, maupun di tempat yang udah memperlihatkan dunia pertama kali ke aku. Dan sekarang,.. aku. Aku harus tinggal lagi di penjara suci ini selama tiga tahun. Huh,, sungguh malangnya aku,..

Bayangin aja, liburan kemarin, enjoy-enjoy ngga\’ enjoy gitu, yang wajar kan liburan buat happy-happy, beher ngga\’??

Masa\’ pikiran aku ngga\’ bisa lepas dari penjara suci ini, ngga\’ waktu mandi, maem, waktu jalan-jalan pun aku masih kepikiran, pokoknya pasti ada bayang-bayang penjara suci ini masuk dalam celah-celah pikiran aku, dan aku juga selalu inget… \” Disini-disini, disana-disana, aku harus konsekuen..”, tapi tetep aja, ak pasti mikirin itu semua, 10 hari lagi aku balik ke pondoklah, 5 hari aku balik ke pondoklah aduh,, pusing aku, belum lagi panning liburan aku kebanyakan gagal lagi!!! BT banget kan?? Ditambah lagipas waktu aku jalan-jalan nikmatin indahnya lampion yang ada di alun-alun kota aku, ee.. ngga\’ taunya ketahuan ama Satria ma Mas Fran. Aku kan perginya ngga\’ ijin dulu.

Hadugh,…. Guawat banget nih, mereka kan komplotan pengaduan ortu, pasti bakal laporan ke Ibu aku nih. Ada bayang-bayang takut pulang, ndenger Ortuku ngedumel, tapi… aku kan harus konskwen, disini-disini, disana-disana… hehehe. So, itu urusan nanti. Aku mau lanjutin menyusuri indahnya lampion . Di tengah perjalanan, tiba-tiba perutku kaya\’ meraung-raung , tapi dengan senang hati aku turutin apa mau perutku, aku langsung cabut beli bakso Malang kesukaanku.

\”Hmm…. Yummy….”

Setelah aku puas nikmatin lezatnya kuliner khas Malang itu, aku lanjut ke masjid An Nur ynag letaknya tepat di depan taman alun-alun, aku bergegas mengambil air wudhlu da segera sholat. Abis sholat, aku lanjutin tour menyusuri Kota Batu, aku jalan dengan santai dan tiba-tiba aku ingat sesuatu… HP!!!! Mana HP-ku??? aku cari di tasku.. ngga\’ ada, disaku…..ppFFiiuuh.. kasian.. dari tadi aku cuekin dan tanpa aku sadari ada 4 pesan masuk dan 5 panggilan tak terjawab, yaaaah,.. ternyata pesan dan panggilan tak terjawab itu semua dari Ayahku, ada apa ya??tapi sekarang ko\’ udah ngga\’ telpon lagi sih?? Kaya\’nya Ayahku jera deh, gara-gara HP-ku ngga\’ diangkat-angkat…”Forgive me Dad…”

Bego!!! Ko\’ aku Tanya ada apa?udah jelas 4 pesan itu isinya sama semua, kalo aku disuruh pulang gara-gara Om aku banyak tamu dan itu berarti aku harus tidur di rumah. Huh, Ayahku ada-ada aja ya.. tinggal bilang kangen ama putrinya ko\’ susah buanget.

Aku biarin pesan itu nangkring di HP-ku.

GUBRAAAAAKKKKK!!!

Aku lupa waktu, jam udah nunjukin pukul 09.00 malem, mampus aku, mana aku kabur dari ashar lagi. \” Oh My God, pintu rumah aku masih kebuka ngga\’ ya??, Ayahku balkal marah-marah ngga; ya?? Bakal diusir ngga\’ ya?? Masih nganggep aku anandanya ngga\’ ya??”. Terlintas sejuta pertanyaan di otakku.

Tiba-tiba di perjalanan pulang ada sesuatu yang menarik hati aku.. kerak telor.. ya, kerak telor….pengiiinn!!! Tapi aku mikir lagi, ngelihat orang-orang berjajar panjang kaya\’ gitupupus sudah keinginan aku. Aku ngga\’ mungkinlah berleha-leha hanya buat kerak telor, sedangkan Ayahku lagi menanti kedatangan ku… \”yaaaaaah,.. dadah kerak telor..”

Lemes dah, aku sampe di depan rumah lampu rumahku udah mati,k tapi lega juga sih, itu berarti aku ngga\’ usah pulang…he… Langsung aja aku menuju rumah Om. Dan ternyata rumah Om masih rame Bo\’.., ah masa bodo..,tanpa ba-bi-bu, aku langsung menuju kamar yang biasa aku tempatin. Akhirnya aku bobo deh..

Esok harinya aku ulangi jalan-jalanku yang rada-rada ngga\’ sukses itu, yang pasti aku juga pengin dapetin kerak telor yang kemaren sempet tertunda itu. Tapi sialnya aku emang ngga\’ kemana-mana, aku ketahuan lagi… tapi kali ini ama Abi, suaminya, adiknya , mbahku yang dari Ibuku. Tapi kali ini aku ngga\’ takut-takut banget sih, moga aja Ani ngga\’ laporan ama Ayah ataupun Ibuku.

 

^_^

 

Hari berganti hari, bulanpun demikian..

Akhirnya menapaklah kakiku di tanah PonPes Al Hikmah 02 dan kali ini aku harus tinggal kira-kira cuma 1.095 hari tanpa pulang!!!. What??? Cuma?? Eah, aku harap itu Cuma!!!.

Berhubung aku pengen masuk MAK, aku ikutan tesnya, tapi ngga\’ Cuma MAK doing sih… aku juga ikutan tes IPA walaupun aku ngga\’ ada niatan masuk IPA. Yang pasti tes semuanya ku ikutin terkecuali tes masuk tata busana, dan gara-gara tes itu aku jadi komplikasi nih, kepala mumet-mumet, hati empet-empet. Aku udah niat masuk MAK, dan aku ngga\’ keterima di tes lisannya. Mau gimana lagi coba??? Dengan terpaksa aku harys hengkang dari niat aku sebelumnya.. hiks, hiks,hiks.. sedih deh..

\”Aku pengen jadi ahli surga nanti, biar bisa nolong orang-orang yang lagi kesusahan lewat di jembatan shirotol mustakim”

Aku ngrasaion semangat-semangat yang udah terperintis tiba-tiba ngelupas sedikit demi sedikit dengan sendiri. NO HARM TO TRY.. aku coba ikutri semua tes yang ada, pas waktu mau tes IPA, aku bener-bener mikir dulu. Aku udah pasrah waktu itu, aku udah niat di IPS kalo aku udah ngga\’ diterima di MAK. Waktu anak-anak lagi sibuk-sibuknya belajar buat tes, aku malah dengan santai ngelamun tanpa peduli aku masuk apa ngga\’, aku emang udah bener-bener pasrah, frustasi nih… Ada 100 soal nih,. Susah-susah sih, tapi ngapain aku pikirin?? Tinggal contreng aja ko\’ repot!!

Dua hari setelah tes , pengumuiman terpampang, aslinha sih aku ngga\’ niat buat liat pengumuman itu, aku tau kalo hasilnya pasti ngga\’ ada namaku.

GUUBRAAA……AAKKK LAGI….!!!!!!!

Jantung aku hamper copot!!!! Aku bener-bener ngga\’ percaya, aku ngga\’ percaya valid atau ngganya omongannya. Dan pas aku lihat pengumuman pake mata kepala aku sendiri, ternyata ada nama aku di kertas itu. Aku masuk IPA??? Ngga\’ salah tuh??? Apa Cuma buat ngerjain aku??? Aku sempat ngga\’ percaya kalo tes yang ngga\’ aku inginin ini malah buat aku masuk ke jurusan yang sebelumnya ngga\’ terlalu aku harepin. Aku udah niat kalo aku nga\’ masuk MAK ya aku pengin masuk IPS aja, ko\’ ini malah masuk IPA?? Apa yang harus aku perbuat kalo udah kaya gini??? Ketika aku pengin masuk MAK, belom dapet restu, tapi, ketika aku ngga\’ ada asa buat masuk IPA, aku malah masuk seleksi. Aku bener-bener dibuat bingung ama ini semua, mungkin cara yang baik Cuma minta pendapat Ayahku deh,.. Aku bergegas menuju warung yang menjajakan jasa SMS.

KRILIIING….KRILIING…, ada pesan masuk!! Kaya\’nya itu pesan dari Ayahku deh,. Dan ketika aku lihat HP itu… terlihat valid, satu pesan masuk dari Ayahku. Dan pesan itu isinya kalo aku disuruh masuk IPA dulu,. OK!!! Aku ambil keputusan dari Ayahku yang paling aku chayang..

Dan akhirnya sampai sekaranglah tapak tilak jejakku. Masih sangat panjang yang belum aku lalui. Dan kelak aku akan mensukseskannya. Akan aku buktikan kepada Ayahku tersayang bahwa aku BISA, aku tidak akan mengecewakan, AKU BISA!!!!

Ayah…. Ibu…..tunggu aku, kelak aku akan memberi apapun yang kau minta.

 

 

Tags : IPAIPSPondok Pesantrensendirisepi
Shella Rizqiea

The author Shella Rizqiea

Ingenue :)

Leave a Reply

Leave a Response