Aloe-Vera-leaves

Aloevera. Mendengar kata-katanya saja pasti udah pada tau, tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi peradaban manusia. Tapi yang akan aku ceritakan kali ini bukan Aloevera yang itu. Melainkan AloeVera, sebuah komunitas kecil berjumlah 29 gadis di bawah atap komplek tertua di P.P. Al Hikmah 02, Ummu Aiman yang akrab di sebut Al Umam. Komunitas ini mulai ada pada tahun 2010 dan takkan pernah sirna walau komunitas ini akan terpisah oleh ruang dan waktu. Di dalam komunitas ini tak ada ketua, karena kami semua satu hati , satu jiwa, dan otomatis satu atap, Al Umam. Awalnya, AloeVera lahir karena kami akan membuat jaket yang berlogo komunitas komplek kami, Al Umam. Banyak sekali nama indah yang di usulkan, namun entah mengapa AloeVeralah yang menjadi pemenang dikala pemilihan nama untuk jaket komunitas kami. Dan resmilah, komunitas kami kali ini adalah AloeVera, kami juga punya slogan AloeVera, takkan ada generasi lagi sesudah kami.
Aloevera bukan hanya sekedar nama, tapi dibalik kata singkat itu tersimpan berjuta-juta kenangan, memori pada masa komplek Al Umam jaya akan kebobrokannya. Tahun 2010, ya pada waktu itu komplek kami sempat menjadi trendsetter di pesantren. Al Umam lagi, al umam lagi.., sempat terucap kata-kata itu di kalangan pengurus. Namun apa daya inilah kami, bukan kami yang nggak mau diatur, bukan nggak mau menaati tata tertib, tapi kami hanya ingin satu hal, satu hal yang mungkin sedikit susah dilakukan di kalangan pesantren, Kami hanya ingin keadilan dari pengurus, karena kami selalu merasa bahwa hanya kamilah yang dianggap jelek, bukan juga kami ingin dianggap bagus dan baik oleh pengrus. Kami hanya ingin keadilan, jangan hanya memandang sebelah mata di kalangan kami, karena kami adalah santri biasayang juga pernah melanggar walaupun itu sekecil apapun. Itulah sedikit uraiansingkat tentang keluh kesah AloeVera.

AloeVera ada Bunda Kiki yang punya suara khas, Bunda yang selalu ceria dalam tiap langkahnya, ada aku yang mungkin dulu suka sekali memendam cerita yang kadangingin sekali sahabat AloeVera dengar, Dini cewe asli Pontianak yang belum pernah pulang ke kampung halamannya selama di pesantren, Vicky gadis imut berkacamata yang sangat-sangat dan sangat usil, Winda bos pecel lele yang cantik, Lilis cewe manja asli Brebes, Muna jangkung dan gokil yang kadang-kadang cuek, Ai sunda thea, Bantarkawung, Elsa cerdas dan menyebalkan tapi asyik juga diajak curhat, Fitri asli Patuguran, Ami miss perfect adalah julukannya, Ika yang punya nama asli Rifkha Hanani asli Demak, Silvi yang super-super manja, Dewi Bangsri-Brebes punya, Ria cewe penggila im pada waktu itu, Iin miss cerewet di AloeVera, Medep asli ngefens banget ama Mba Yeni, Iva cewe Sokaraja dengan getuk gorengnya, Ana yang senyumnya menarik hati, Fajriah gadis alim nan anggun, Asni imut oleh postur tubuhnya, Zidni santri kaleme Pekalongan, Mia pendiam Pekalongan colection juga, Vina cewe pengulah di AloeVera, Elis dengan logat kental Tegal, Malakhatun inceran bahan guyon AloeVera, Nirmala yang tertutup dengan sahabat AloeVera dan Iyak cewe gokil marokilnya AloeVera. Hmmm… itulah satu persatu nama anggota AloeVera yang sangat kami banggakan itu. Jika aku ingat masa-masa SMPku dulu di AloeVera, sudah berapa ribu giga memori-memori kita yang tersimpan di otak. Flashdisk-flashdisk yang tercecer di Al Umam pun tak mampu menyimpan kenangan indah yang telah terpaku di dalam relung hati kita masing-masing.
AloeVera, komunitas ini, komplek ini, bukan hanya sekedar komplek dan komunitas biasa, namun keberamaan kitalah, kekeluargaan kitalah yang membuat kami kompak walaupun banyak genjatan senjata dari pengurus dan kesirikan dari komplek-komplek lain. AloeVera adalah keluarga, keluarga kedua dari keluarga kami yang ada di rumah, namun tak jauh beda keluarga pertama maupun kedua kita adalah satu, tak ada perbedaan di dalamnya.
Aku jadi inget, ahabat AloeVera punya nama julukan masing-masing, nama kecilkulah yang palung banyak, ad SheiRA4rZun4, AzXars cute el SlaAnk or ACES Malankers, dHrieL, Sella Al Oemmam, AmSeSTA, SeNaySTA, LaNa juga teman-teman yang lain, ada AF, FA, DeNis, yah banyak banget dah, kao aku sebutin mah gak bakal muat.
Semua keceriaan itu hilang, yang tersisa hanyalah memori lalu yang takkan pernah terlupakan. Akankah AloeVera akaan berdiri satu atap seperti dulu??
Pasti!!! Nantikan cerita yang akan datang.

Shella Rizqiea

The author Shella Rizqiea

Ingenue :)

5 Comments

  1. Wah memang saat terindah bisa berkumpul dengan sahabat. tapi ingatlah satuhal, pengurus hanya manusia, mereka masih santri juga, mereka mencoba berbuat adil, memang kadang susah, karena mereka selain diberi amanah untuk belajar mengatur orang lain mereka juga mesti belajar mengatur dirinya, sama2 mengaji dan belajar. jadi, jangan terlalu mencintai sesuatu, karena bisa jadi itu buruk buat kita dan janganlah terlalu membenci sesuatu, bisa jadi itulah yang terbaik buat kita..Selalu Semangat belajar and keep writing!:)

Leave a Response